Lampung Blogging: Ahmad Zaini, Tokoh Pendiri Lampung Yang Terabaikan

Informasi Terbaru

Wednesday 4 November 2015

Ahmad Zaini, Tokoh Pendiri Lampung Yang Terabaikan

Peta Provinsi Lampung
Lampung Blogging_ Miris, mungkin ini ungkapan yang tepat setelah membaca artikel berita dari Portal Lampost,co,  edisi Senin, 17 maret 2014.  Adalah, Ahmad Zaini (80), yang tinggal di Perumahan Karunia Indah, Blok H1, nomor 16, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Sukarame, Bandarlampung.

Mungkin, jika tak membaca artikel berita lamppost,co tersebut, penulis juga tak akan tahu jika ia merupakan salah satu tokoh pendiri Provinsi Lampung yang sampai saat ini ternyata masih hidup. Parahnya, saat kini Hidupnya serba kekurangan dan tidak pernah mendapat perhatian pemerintah Daerah. Bahkan, dalam setiap peringatan hari ulang tahun Provinsi Lampung pun Ahmad Zaini tidak pernah diundang apalagi dilibatkan.

Ahmad Zaini (80), sebagaimana di lansir dari portal berita lamppost,co,  pada waktu pembentukan Provinsi Lampung, 18 Maret 1964, ia bertugas sebagai penghubung antara panitia lokal dengan Presiden RI Soekarno.

“Beliau (Ahmad Zaini, red) tidak pernah dapat undangan. Apalagi diberi perhatian. Bapak tidak pernah diperhatikan pemerintah daerah,” kata Elsi, putrid ketiga Ahmad Zaini.
Salah satu upaya yang dilakukan Elsi, untuk mengungkap sejarah pembentukan Provinsi Lampung adalah dengan membuat sebuah film dokumenter. 


Ada 12 tokoh yang ditampilkan dalam film berdurasi 20 menit itu. Ke-12 tokoh pembentukan Provinsi Lampung itu yakni Radja Sjah Alam (PNI), Husni Gani (NU), M.A Pane (PKI), Sabda Panjinagara (Partindo), Nasjir Rachman (IPKI), Mustafa se Ngaji (PBII), Uba Panjaitan (Parkindo), F.x G. Hadi Warsito (Partai Katolik), Basir Amin (MURBA), Kamarudin (Penasehat), Achmad Ibrahim (Perwakilan), dan Ahmad Zaini (penghubung).

No comments:

Post a Comment

Hindari Komentar yang mengandung Spam, P*rn* dan SARA.